Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak 4 Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya Patut Diketahui

Wartatech.Com - Teknologi bermanfaat untuk membuat berbagai kegiatan manusia menjadi semakin cepat dan mudah. Sebagian besar orang pasti sudah merasakan sendiri manfaat dari sebuah teknologi yang sedang berkembang. Dengan kata lain terdapat dampak yang timbul akibat kemajuan teknologi dalam berbagai bidang salah satu dari beberapa diantaranya adalah di bidang sosial budaya.

Anda mungkin setuju bahwa ada banyak sekali dampak positif dari kemajuan teknologi, namun tidak dipungkiri juga ada dampak negatif tentunya. Kita sebagai pengguna teknologi dan sebagai faktor pendorong teknologi tersebut wajib mengetahui dampak atau pengaruhnya atas diri kita dan lingkungan baik dari sisi positif dan juga sisi negatif nya.

Oleh sebab itu, di artikel kali ini kita akan membahas beberapa dampak kemajuan teknologi di bidang sosial dan budaya yang patut Anda ketahui. Silahkan disimak.

Simak 4 Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya Patut Diketahui :

1. Cara Berkomunikasi

Dampak yang paling terlihat dari adanya kemajuan teknologi adalah mulai dari cara kita berkomunikasi. Tahukah Anda, kalau kebanyakan masyarakat dulu berkomunikasi dengan menggunakan media surat. Kalau sekarang ini, dijaman yang sudah modern, metode surat sudah dianggap sebagai hal yang ketinggalan jaman.

Saat ini, masyarakat lebih menyukai komunikasi dengan menggunakan teknologi seperti smartphone pintar, laptop atau berbagai perangkat elektronik lainnya. Perubahan gaya berkomunikasi ini memberikan dampak yang positif karena komunikasi bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan murah. Sedangkan untuk dampak negatifnya adalah orang orang mungkin menjadi menganggap remeh komunikasi secara langsung.

2. Gaya Bahasa

Bagi para orang tua yang bisa membedakan antara jaman dulu dan jaman sekarang pasti mengetahui bagaimana perubahan gaya bahasa sekarang. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang banyak mengubah cara bahasa. Misalnya di jaman sekarang kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan bahasa nasional atau luar negeri sehingga bahasa daerah jadi jarang digunakan.

3. Cara Berpakaian

Tahukah Anda, tidak hanya dari gaya bahasa. Anda juga pasti bisa melihat bagaimana cara berpakaian orang dulu dengan orang sekarang telah mengalami banyak perubahan. Hal ini bisa terjadi karena cara berpakaian masyarakat sudah banyak dipengaruhi oleh kebudayaan lain dari berbagai belahan dunia. Kita bisa dengan mudah terpengaruh oleh gaya pakaian atau mode yang sedang berkembang saat ini.

4. Gaya Hidup

Sebagaimana yang kita tahu diinternet kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi. Tanpa kisadari, kegiatan ini lama kelamaan bisa membuat gaya hidup masyarakat menjadi berubah.Sebagai contoh, masyarakat modern sekarang ini lebih mementingkan kesehatan jadi mereka akan berusaha menjaga pola makan serta rutin untuk berolahraga. Ini adalah dampak Positifnya.

Lantas, apa dampak negatifnya? Dampak negatifnya dapat terlihat dari bagaimana masyarakat modern bisa dengan mudah terpengaruh penggunaan obat obatan terlarang. Tidak hanya itu bahkan masyarakat bisa dengan mudah terpengaruh dengan mencontoh berbagai perbuatan ilegal. 

Tidak heran kalau kita lihat jumlah perbuatan tidak menyenangkan di jaman dulu dengan di jaman sekarang, lebih banyak di jaman sekarang bukan? Mengetahui hal ini, apa seharusnya yang kita lakukan? Kita mau berbuat sebisanya untuk menghindari dampak negatif tersebut.

Berikut ini adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang dampak kemajuan teknologi di bidang sosial dan budaya yang patut teman teman ketahui. Semoga dengan adanya informasi ini, kita semua bisa turut memanfaatkan teknologi yang ada sebaik baiknya serta mampu meminimalisir dampak negatifnya dalam kehidupan kita. Terimakasih sudah mampir di Wartatech.Com. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 6 Fakta Aplikasi Threads dan Cara Membuat Akun Threads

Posting Komentar untuk "Simak 4 Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya Patut Diketahui"